Ad Code

NEWS

6/recent/ticker-posts

Konsep Dasar Promosi Kesehatan

Konsep Dasar Promosi Kesehatan 


"Konsep Promosi Kesehatan Secara definisi istilah promosi kesehatan ilmu kesehatan masyarakat (health promotion) mempunyai 2 pengertian Pengertian yang pertama sbg bagian dari tingkat pencegahan penyakit Pengertian yang kedua sama dengan pendidikan kesehatan (health education)."
Setelah mengenal deinsi tentang konsep dasar promosi kesehatan, mari menyimak tentang sejarah terjadinya konsep promosi kesehatan di bahwa ini. 

Sejarah Promosi Kesehatan
    Istilah Health Promotion (Promosi Kesehatan) dicetuskan tahun 1986 Pada konfrensi Internasional pertama tentang Health Promotion di Ottawa, Canada pada tahun1965 Pada waktu itu dicanangkan ”the Ottawa Charter”, Di Indonesia pada masa, istilahnya adalah : 
1. Penyuluhan kesehatan 
2. KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) 
3. Social Marketing (Pemasaran Sosial) 
4. Mobilisasi Sosial 
5. Propaganda/ penerangan kesehatan

Sejarah periode tahun 1945-1965
  1.  Presiden Soekarno mengadakan kegiatan Penyemprotan Malaria 
  2.  Dicanangkannya hari Kesehatan Nasional pada tanggal 12 Nopember 1964 
  3.  Didirikannya sekolah penyuluhan kesehatan di Magelang 
  4.  Di adakan media penyuluhan berupa FILM dan FOSTER terkenal 4 sehat 5 sempurna 
  5.  Tahun 1969 lahirlah UU kesehatan. Pada 1965-1975 tahun istilah yang di pakai yaitu Pendidikan Kesehatan Masyarakat
  6.  lahirlah konsep PKMD (Pelayanan Kesehatan Masyarakat Desa) . Tahun 1975-1995 , di kenal istilah Penyuluhan Kesehatan masyarakat 
  7. di mulai pengembangan pendekatan kesehatan masyarakat seperti; Polindes, Posyandu,dll. Sedangkan pada tahun 1995 sampai sekarang, menggunakan istilah promosi kesehatan dan Konsep Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) 
  8. Di kembangkan sebagai salah satu model Promosi Kesehatan . 
  9. Di canangkan Gerakan Pembangunan berwawasan kesehatan oleh Presiden Habibie pada tanggal 1 Maret 1999. 
  10. Serta di cetuskannya visi Indonesia sehat 2010

Era Promosi Kesehatan
  • Era Propaganda dan Pendidikan kesehatan rakyat (masa kemerdekaan sampai 1960an) 
  • Era promosi dan paradigma kesehatan (1995-2005) 
  • Konferensi Internasional Promosi Kesehatan II 
  • Konferensi Internasional Promosi Kesehatan III 
  • Promosi Kesehatan abad 21
Tujuan Promkes 
Tersosialisasinya program- program kesehatan dan terwujudnya masyarakat Indonesia baru yang berbudaya hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan

Sasaran promosi kesehatan 
1. Sasaran Primer (primary Target) 
•Sasaran yang mempunyai masalah diharapkan mau dan mampu berperilaku hidup sehat •Dikelompokkan menjadi : kepala keluarga untuk masalah umum, ibu hamil dan menyusui untuk masalah kesehatan ibu dan anak, anak sekolah untuk kesehatan remaja dsb 
•Upaya promosi sejalan dengan strategi pemberdayaan masyarakat (empowerment) 

2. Sasaran Sekunder (Secondary Target) 
•Individu/kelompok yang berpengaruh terhadap sasaran primer 
•Para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat 
•Upaya promosi sejalan dengan strategi dukungan sosial ( social support) 

3. Sasaran tersiers ( Tertiary Target) 
•Para pengambil keputusan, penyandang dana, pembuat kebijakan 
•Upaya promosi yang ditujukan sejalan dengan strategi advokasi (advocacy)

Posting Komentar

0 Komentar