Ad Code

NEWS

6/recent/ticker-posts

Install ownCloud pada Debian Server


Install ownCloud pada Debian Server


A.PENGERTIAN

   ownCloud merupakan suatu perusahaan dengan proyeknya yaitu ownCloud project.Slogan perusahaan ini adalah Your Cloud, Your Data, Your Way! , owncloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbasis gratis dan bebas sepert dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki pengamanan yang baik, memiliki memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegerasi dengan perangkat teknologi informai yang tujuanya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.

   ownCloud merupakan kontrol kepada pengguna teknologi informasi itu sendiri dan juga menawarkan penyedia layana, pusat dan bagian transmisi yang berfungsi untuk menyediakan solusi sinkronisasi dan berbagi bagi pengguna, owncloud memberikan akses terhadap berkas-berkas secara universal dengan menggunakan antarmuka jaringan atau WebDAV.

   ownCloud dpelopori oleh Frank Karlitschek saat ia sedang membicarakan mengenai aplikasi bebas dan terbuka.Proses pemasangan tidak banyak membutuhkan syarat syarat pada sistemnya dan tidak membutuhkan izin khusus.

B.LATAR BELAKANG

Membangun file cloud atau penyimpanan online seperti (google drive,dropbox) ini dilakukan agar penyimpanan langsung online tidak hanya di harddisk atau data yang Offline.

C.ALAT DAN BAHAN

  • ownCloud bisa di download di https://owncloud.org/

  • Laptop untuk meremote debian server.

  • Koneksi Internet

D.TAHAP PELAKSANAAN

1. ssh Debian Server anda.



# cd /var/www/html


2.Download file ownCloud dengan cara: wget "url download", kemudian enter.

3. Jika sudah berikanlah hak akses dengan cara mengetik perintah:

# chown –R www-data:www-data owncloud

# chmod –R 755 owncloud

Loginlah ke phpmyadmin Server anda.Setelah login klik men Database lalu tambahkan baru, beri nama owncloud.Klik create



4. Nah coba ketik di browser anda "ip address server"/owncloud ,kalau saya 192.168.52.2/owncloud, kemudian akan muncul seperti ini.

Isikan create new account, isi username dan password, kemudian scroll ke bawah. Jika sudah teriisi semua klik Finish setup.

5. Dan beginilah tampilan halaman ownCloud.

Nah, sekarang ownCloud telah terinstall di Server, sekarang anda bisa menggunakanya sebagai media penyimpanan.

KESIMPULAN

Ketelitian sangat penting dalam instalasi ini karna jika tidak teliti maka tahap penginstall database menjadi rusak ,database menjadi error maka perlu ketelitian dalam penginstallannya

REFRENSI

- https://id.wikipedia.org/wiki/OwnCloud

Posting Komentar

0 Komentar